Wednesday, May 12, 2010

Sedih

Lampung.. Salah satu yang membuatku sedih adalah ketika orang yang kusayang, kuperhatikan dan aku ingin dia untuk berkembang berkata sesuatu yang tidak selayaknya dia ucapkan. Salah seorang murid berkata : "Bodo!" dengan perlahan, ketika aku bertanya. Sedih sekali mendengarnya, hampir saja mau nangis. Tapi aku mau meyakinkan bahwa aku mendengar kata itu, jadi aku bertanya kepadanya tentang apa yang dia katakan. Pertamanya dia tidak mengatakan hal yang sebenarnya. Setelah aku desak (dengan sabar), dia mau menjawabnya. Aku menyesal karena aku hanya berkata: "Apakah itu cara berbicara dengan guru?" Harusnya aku bisa mengklarifikasi lebih lanjut dan membuat dia tersadar. Hanya saja saat itu aku terbawa emosi (sedih), jadi aku tinggalkan dia dan beralih ke kelompok lain. aku mau belajar lebih banyak tentang hal ini atau aku terlalu santai dalam mengajar di dalam kelas?

No comments: