Sunday, May 02, 2010

Pekerja Pemberani

Lampung..

Hari Jumat-Sabtu kemarin aku pergi ke Jakarta. Selama perjalanan, aku melihat pekerja-pekerja yang jarang sekali aku sadari keberadaannya tapi mereka sangat berperan dalam kehidupan kita.

Pertama, petugas perbaikan jalan tol. Separuh jalan raya Merak-Jakarta sedang direnovasi. Aku melihat pekerja-pekerja yang setia bekerja walau sinar matahari menyengat tubuh mereka. Bahkan beberapa di antara mereka tidak menggunakan alat keselamatan kerja, seperti helm atau sarung tangan. Tanpa mereka, perjalanan Merak-Jakarta bisa terhambat.

Kedua, supir truk yang membawa barang-barang atau alat-alat dari pulau Jawa ke pulau Sumatera dan sebaliknya. Truk yang mereka kendarai ada dua tipe, besar dan besar sekali. Aku berpikir saat itu, besar sekali resiko pekerjaan mereka dan kadangkala mereka harus berpisah dengan keluarga selama beberapa hari. Begitu pula supir bus yang mengangkut penumpang. Tanpa mereka, kebutuhan orang-orang bisa terbengkalai.

Ketiga, pekerja bangunan. Mereka yang membangun gedung-gedung tinggi di Jakarta. Orang hanya mengenal gedung tertinggi, banyak dari mereka (termasuk aku) tidak tahu orang-orang yang bekerja begitu keras membangunnya. Kita harus berterima kasih kepada mereka. Mereka patut mendapat kehidupan yang layak.

Ketika aku memikirkan hal-hal ini, aku baru sadar bahwa kemarin (1 Mei) adalah Hari Buruh. Semoga mereka mendapat yang mereka perlukan.

Selamat Hari Buruh..

No comments: