Sunday, May 30, 2010

Mobile Phone

Lampung...

mobile phone (n) telephone that does not have wires and works by radio, that you can carry around with you and use anywhere. (Oxford Learner's Pocket Dictionary)

Mobile phone atau di Indonesia lebih dikenal dengan handphone (telepon genggam, walau sekarang jenisnya tidak hanya digenggam) sudah menjadi barang yang hampir dimiliki oleh semua orang. Berdasarkan hasil googling, penemunya bernama Dr Martin Cooper, salah seorang karyawan Motorola pada saat itu dan juga sumbangsih dari Richard H. Frenkiel and Joel S. Engel. Hasil karya mereka membuat orang dapat berkomunikasi walau tinggal berjauhan, seperti halnya diriku dengan keluarga dan teman-temanku. Menurutku itulah tujuan utama adanya mobile phone. Ketika aku melihat seorang ahli bangunan sedang mengangkut batu sambil menelepon (tampaknya keluarganya), aku langsung berpikir inilah fungsi utama mobile phone.

Akan tetapi jika aku lihat iklan atau orang-orang yang memakai mobile phone, mereka tidak hanya mencari mobile phone yang dapat digunakan untuk menelepon atau mengirim pesan, tapi mereka mencari mobile phone yang bisa digunakan sebagai kamera atau bisa surfing atau mendengarkan radio atau mendengarkan mp3 bahkan bisa dipakai untuk merekam gambar. Walau aku tidak menolak itu semua, akan tetapi rasanya fungsi utama mobile phone itu sudah menghilang.

Suatu waktu ringtone dari hpku berbunyi, menandakan ada pesan masuk. Saat itu aku sedang berada bersama teman2ku. Salah satu dari mereka berkata: "jadul banget ringtonenya!" Aku bilang: loh yang penting masih bisa sms dan nelpon, pulsa ada..

Ketika fungsi utama mobile phone sudah bergeser..


No comments: