Tuesday, October 20, 2009

Murid

Lampung..

Makan malam hari ini aku santap di kafe dengan makanan buatan Housekeepers, yang enak. Jam beranjak mendekati jam 7 malam. Murid-murid pun mulai membuat barisan untuk keluar dari kafe. Masih ada sekitar 5 menit lagi menuju pukul 7. Saat itu aku memperhatikan mereka. Aku tersadar, bisa dibilang sedikit melow. Ada sekitar 300 anak di ruangan itu. Jadi, ketika aku bertugas sebagai TOD (Teacher on Duty), aku harus mengawasi 300 anak tersebut. Pikiranku pun melayang lebih jauh. Anak2 ini yang akan menggantikanku dan orang2 yang lebih tua nantinya. Mereka yang akan memimpin negara, melestarikan alam, memajukan teknologi, mengamankan negara, menjaga budaya bangsa, dan tugas2 lainnya. Masa depan negara ada di tangan mereka. Lalu, aku kaitkan dengan tugasku sebagai guru. Aku yang harus menanamkan nilai2 kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan nilai2 luhur lain kepada mereka. Dalam tanganku mereka bisa berkembang atau bisa terpuruk. Aku adalah salah satu pengaruh bagi mereka. Begitu besar peran yang aku emban saat ini.

Sekilas untuk hari ini.

No comments: