Monday, August 22, 2011

Gagal

Lampung,

Banyak sekali kata-kata bijak tentang kegagalan, dan sekarang aku sedang mengingatnya dan mencoba melakukannya. Gagal sebagai murid? Apakah ketika dia tidak bisa mengikuti pelajaran, kemudian nilainya kecil dan dia dikeluarkan dari sekolah? Atau ketika dia melakukan kejahatan besar? Tetapi menurutku tidak ada gagal sebagai murid, karena jika kita adalah murid, maka kita terus belajar, dan bahkan belajar dari kegagalan itu sendiri.

Bagaimana dengan guru, gagal sebagai guru? Ya, menurutku ada. Aku sadar tugas guru itu tidak semudah yang orang awam bayangkan. Guru tidak hanya memberikan pengetahuan tetapi juga teladan sikap, pikiran, dan perbuatan. Dan saat ini aku merasa gagal sebagai guru karena tidak bisa melaksanakan itu semua. Hari ini aku mengetahui bahwa anak-anak yang aku ajar mencuri. Sedih sekali mendengarnya. Ternyata aku belum benar-benar menjadi guru. Di lain pihak, aku mengetahui dari guru-guru lain bahwa anak-anak kelasku banyak yang tidak menghormati gurunya, cuek, dan bersikap individual.

Tapi itu jadi pengingat untukku supaya bangkit dari kegagalan ini dan memperbaikinya, menjadi guru yang benar-benar mengajar dan mendidik. Kegagalan ada bukan untuk menghancurkan melainkan untuk membuat diri kita menjadi lebih baik lagi.

No comments: