Wednesday, August 17, 2011

Bebas

Merdeka!

Lampung, 17 Agustus 2011

Hari ini ulang tahun kemerdekaan yang ke 66. Aku bersama guru-guru dan para siswa menghadiri upacara yang diadakan di bulan puasa. Hebatnya, walau dalam bulan puasa, umat muslim yang berpuasa tidak terlihat lelah atau capai. Beberapa siswa memang harus beristirahat sejenak tapi banyak dari mereka kuat mengikuti upacara hingga selesai. Satu kondisi yang membuatku terdiam adalah ketika lagu Indonesia Raya baru selesai dan bendera merah putih telah berkibar di puncak tiang. Semua orang terdiam saat itu dan kondisi hening, membuatku bergetar walau aku tak tahu kenapa.

Seringkali aku mendengar kata merdeka dikaitkan dengan kata bebas. Bebas dari penjajahan, bebas dari keterpaksaan, bebas dari penindasan, bebas dari penderitaan, dan lain-lain. Sepertinya memang itu makna merdeka.

Kemarin aku baru mendapat pengetahuan dan renungan tambahan mengenai merdeka. Kita memang orang merdeka sekarang tapi bukan berarti kita bisa menyalahgunakan kemerdekaan yang kita punya. Itu betul sekali. Apakah aku menyalahgunakan kemerdekaan (atau kebebasan) yang aku miliki? Apakah semua masyarakat Indonesia benar-benar sudah merdeka?

No comments: