Sunday, October 27, 2019

Tua Muda itu Relatif

Usia adalah angka yang menunjukkan berapa lama kita sudah hidup semenjak dilahirkan. Kapan seseorang dikatakan tua atau muda dilihat dari usianya? Ternyata tergantung dalam hal apa usia itu dibicarakan. Remaja berusia 17 tahun dikatakan masih muda oleh orang-orang yang berusia  30an ke atas. Tetapi kadangkala oleh orang tuanya dibilang, "Kamu udah dewasa, ga boleh main-main lagi, bentar lagi kerja." 

Belakangan ini lagi banyak yang membicarakan menteri yang baru saja terpilih di kabinet Indonesia Maju. Salah satu yang viral adalah Nadiem Makarim yang menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Beliau lahir tanggal 4 Juli 1984, artinya berusia 35 tahun di 2019 ini. Dari menteri-menteri yang terpilih, beliau adalah menteri termuda, bahkan Pak Presiden Jokowi memanggilnya dengan sebutan Mas. 

Ada juga tokoh lain yang berusia 35 tahun di tahun 2019, tepatnya lahir di tanggal 25 Agustus 1984. Beliau adalah atlet badminton Indonesia yang masih aktif berlatih di pelatnas dan mengikuti berbagai turnamen. Namanya Hendra Setiawan. Saat ini beliau berpasangan dengan Mohammad Ahsan di ganda putra. Ia adalah atlet badminton tertua di Indonesia saat ini yang masih aktif. Beberapa orang menyebutnya legenda, dewa, dan sebutan-sebutan lain. 

Dua orang yang berusia sama, namun yang satu dikatakan muda, satu lagi dikatakan tua. Jadi berapa usiamu? 

No comments: