Saturday, November 28, 2015

Kilas Balik 90an

Bekasi, 28 November 2015

Seringnya percakapan dengan teman mengingat masa lalu. Jadi sekarang mulai dituliskan saja. Kali ini saya beri nama kilas balik 90an, karena bahasannya mengenai masa SD dan SMP, jadi sekitar tahun 1991 sampai 2000. 

Telepon. Semua orang tahu penemu telepon Bapak Graham Bell, walau sempat baca ternyata beliau bukanlah yang pertama menemukan telepon. Di masa kini, yang kekinian, orang sudah amat sangat familiar dengan telepon genggam atau sering dibilang hp. Saat ini pun hp ada berbagai macam merek dan ukuran. Dari yang kecil (tapi sudah jarang dipakai) hingga sebesar tablet (bukan obat).

Saya dan seorang teman teringat saat jaman SD dan SMP, bahkan sampai pertengahan SMA, kami hanya punya telepon rumah dan begitu diidolakannya telepon umum. Keluarga saya sendiri punya telepon juga karena orang tua mempunyai warung dan menelepon saudara di kampung. 

Kring... Kring... 
Begitu telepon rumah berbunyi, saya selalu ingin mengangkat karena itu adalah hal menyenangkan. :) 
Karena telepon digunakan untuk hal yang penting menurut masing - masing anggota keluarga. Misalnya teman menelepon untuk menanyakan pr, atau mengabarkan tidak masuk sekolah karena sakit. Jadi percakapannya tidak panjang, karena biaya telepon masih lumayan mahal jaman itu.


Satu lagi, telepon umum. Telepon yang menggunakan koin agar bisa dimanfaatkan ini, jadi alat penghubung bagi saya. Kadang kami menelepon teman lain atau mengerjai teman. Tidak baik memang, hahaha. Koin yang digunakan ada 50 dan 100 kalau ga salah. Ketika telepon tidak diangkat, biasanya orang lekas - lekas menekan gagang yang ada di sana, agar uangnya bisa keluar lagi. :)

Sekian dulu, telepon di jaman dulu.

No comments: