Monday, February 04, 2013

Tawa dan Tegang

Bekasi.

Hari Jumat, 1 Februari 2013 ada dua kejadian di kelas yang aku ajar. Satu kejadian membuat tertawa terpingkal-pingkal, kejadian lainnya membuat jantung berdebar, takut terjadi sesuatu buruk. Kedua kejadian itu terjadi di kelas yang sama dan dengan jeda waktu yang tidak jauh.

Kejadian pertama, salah seorang murid, sebut saja Jo, memeragakan hal yang benar-benar lucu. Di sekolahku ini ada salah seorang murid perempuan, sebut saja Ata, yang tergabung dalam salah satu girlband. Dia bersama teman-teman dalam girlband tersebut membintangi iklan dan ngedance. Secara tidak sengaja, Ata dan temannya lewat koridor dekat kelas Jo, kelas yang sedang aku ajar. Jo dan teman-temannya memanggil Ata tapi hanya untuk menggoda saja. Lalu, teman-teman Jo menantang Jo untuk memeragakan gerakan girlband Ata. Ternyata Jo menerima. Jadilah Jo menunggu Ata dan temannya di depan pintu kelas. Aku senyum-senyum sambil duduk di belakang. Salah seorang yang lain bilang kepadaku: "Bu, maaf ya Bu.." Kemudian tibalah saat itu. Ata dan temannya lewat lagi di koridor, langsung saja Jo menari menirukan gerakan iklan di depan Ata. Semua anak kelas ini tertawa, tak terkecuali aku. Gerakan Jo benar-benar mirip dan lucu banget. Bahkan teman Ata tidak bisa menahan tawa. Jadi, sekarang kalau melihat iklan tersebut, aku selalu ingat Jo dan kelakuannya. 

Kejadian kedua, tiba-tiba dua anak laki-laki berdiri dan ingin berantem. Dari raut muka mereka, aku tahu benar mereka tidak bercanda. Aku langsung melangkah ke arah mereka dan berusaha memisahkan. Untungnya ada anak laki-laki lain yang berbadan lebih besar membantuku memisahkan mereka. Setelah agak reda, mereka mau berantem lagi. Aku dan anak-anak laki lain langsung memisahkan. Melihat reaksi anak-anak lain, aku merasa ini bukan kejadian yang pertama seperti itu di kelas ini. 

Pengalaman yang membuat emosi naik turun. Semoga aku mendapat hikmahnya.




No comments: