Sunday, January 20, 2013

Tersadar

Bekasi,

Malam ini ada pertandingan besar alias bigmatch Liga Inggris antara Chelsea dan Arsenal. Tapi bukan itu yang akan aku tulis :). 

Sekarang sudah tahun 2013 bulan Januari. Banyak hal terjadi di tahun 2012. Ketika akhir Desember 2012 atau awal Januari 2013, aku banyak mengingat hal-hal sedih yang terjadi padaku dan orang-orang di sekitarku. Sampai akhirnya aku membaca sebuah tulisan di suatu blog. Aku tidak terlalu dekat dengan orang yang menulis blog ini tapi sejauh pengetahuanku, dia sudah pergi ke luar negeri, memasang foto-fotonya di Facebook ketika berlibur di luar negeri, foto2 gembira dengan teman-teman kerjanya atau keluarganya. Dari apa yang aku lihat, aku mengambil kesimpulan dia bahagia dengan hidupnya di tahun 2012, atau setidaknya dia senang dengan pengalaman-pengalamannya tersebut. Tapi apa yang aku lihat tidak sepenuhnya benar.

Dari apa yang aku baca, dia tidak senang dengan hidupnya di tahun 2012. Hal itu membuatku mengingat lagi kejadian-kejadian yang aku alami tahun lalu. Bila aku renungkan dan ingat lebih dalam, ternyata banyak hal yang membahagiakan selain yang menyedihkan. Aku punya teman-teman guru yang menyenangkan. Aku menghabiskan waktu dengan mereka yang ternyata selalu aku kenang dengan senyuman. Berolahraga, memasak, makan bersama, bercerita dan saling menghibur dengan caranya masing-masing. Aku juga punya teman-teman baru yang juga menyenangkan, punya pola pikir yang berbeda dan membuat pikiranku lebih terbuka. 

Selain itu, aku bertemu dengan berbagai siswa yang unik, terkadang membuat kepala pusing tapi tidak jarang membuat tersenyum. :) Aku bisa pulang kampung, mengenal daerah tempat orang tuaku lahir dan dibesarkan Aku bisa membiayai orang tuaku pulang kampung, salah satu hal yang mereka inginkan. Aku bisa mendapat kerja lagi dan masih banyak lagi. Kalau didaftar, ternyata banyak hal baik terjadi di tahun 2012. Hanya saja, dulu aku ingat yang sedih-sedih.

Aku pun tersadar. Seringkali aku iri dengan apa yang orang lain peroleh. Aku hanya melihat dari luar dan mengingkan hal-hal yang mereka dapat, tanpa tahu bahwa hal-hal sederhana yang aku peroleh bisa lebih membahagiakan dari apa yang aku inginkan. 

No comments: