Wednesday, January 18, 2012

Tiga Hari

Lampung,

Sudah tiga hari ini, dari hari Senin hingga Rabu malam ini, perasaanku banyak yang tidak enak, kesal, sedih, marah, stres, semua yang kurang menyenangkan. Hari Senin, ketika ada seorang guru langsung menuduh murid-muridku main-main di tempat parkir motor dan memarahi mereka. Padahal saat itu sedang kegiatan ekstrakurikuler dan aku meminta mereka (anak-anak klub matematika) untuk memodelkan tempat parkir. Setelah aku memberi keterangan dan guru tersebut tahu, dia hanya menjawab "ooh". Masih di tempat yang sama, ketika guru lain bilang bahwa kegiatan yang aku lakukan bersama murid-muridku kurang kerjaan. Entah maksudnya mungkin bercanda, tapi rasanya kurang pas, dan dia guru fisika. Apakah semua orang matematika dianggap aneh dan kurang kerjaan? Bukankah banyak ilmu dari ahli matematika justru datang ketika mereka sedang melakukan kegiatan atau mengamati sesuatu, bukan karena mereka duduk di depan meja?

Hari Selasa pagi sepertinya tidak ada masalah. Sampai hal itu rusak ketika aku meminta hasil fotokopian. Semua persyaratan yang diminta sudah aku penuhi, formulir, waktu pemberian formulir, tanda tangan orang-orang yang bersangkutan tapi sampai H+1, aku masih harus menunggu. Parahnya lagi ini bukan kejadian yang pertama aku alami berkaitan dengan fotokopi. Akhirnya aku diberi tahu, bahwa fotokopi yang aku minta sudah ada. Aku sempat bertanya, ini memang sudah difotokopi dari kemarin atau baru difotokopi hari ini? Jawabannya "Kertasnya dibawa, sudah dari kemarin." Aku pun hanya menanggapi dengan sopan karena orang yang aku tanya juga bukan orang yang bertanggung jawab atas hal ini. Siang hari aku ambil kertas-kertas tersebut. Sempat heran, dengan potongan-potongan tidak rapi yang ada di kertas tersebut. Kalau memang difotokopi di luar sekolah, kenapa potongannya tidak rapi begini, dan biasanya di luar sekolah, kertas ukuran A4 tidak difotokopi di kertas A3. Tidak mau berburuk sangka, tapi aku tidak bisa menahannya. Apakah karena kertas yang aku fotokopi hanya lembar ujian biasa bukan lembar ujian kelas 12? Atau apakah karena aku guru biasa bukan bos atau pimpinan di sekolah? Atau karena aku pernah menolak pekerjaan yang diberikan kepadaku?

Malam ini, Rabu malam.. Sempat merasa pusing dan mual. Malam tadi pun sempat terbangun dan pikiran tidak karuan, ingin marah, tapi tidak tahu kepada siapa. Hingga sore hari masih lancar, tidak ada masalah yang begitu berarti. Tapi ketika lihat FB, terasa "sesak" di dada. Ataukah ini rasa iri belaka? Mungkin ada baiknya jika aku memang tidak bisa mengakses FB dari koneksi internet sekolah.

Semoga besok tidak ada yang membuat pusing atau mual lagi.

No comments: