Saturday, October 15, 2011

Mengajar

Lampung,

Sudah hampir 4 tahun aku menjalani profesi sebagai pengajar. Sudah 4 generasi yang aku kenal. Banyak cerita, peristiwa, dan kenangan yang terukir. Betapa mengajar benar-benar butuh keahlian khusus. Tiap kelas dan individu punya keunikan sendiri. Seperti yang aku alami di minggu ini. Di hari Senin, aku hampir kesal dengan satu kelas, karena mereka tidak memperhatikan teman mereka yang sedang menjelaskan. Tetapi di hari Selasa dan Kamis mereka begitu antusias di kelas. Walau kadang menghadapi kesulitan ketika menghadapi beberapa pertanyaan tapi mereka tidak putus asa. Ketika melihat itu, aku merasa bahagia, karena ternyata mereka bisa dan mau untuk mengerti. Itu menyadarkanku bahwa aku perlu lebih mengenal mereka. Cara yang kugunakan di hari Senin ternyata tidak berhasil, lalu aku mencoba mencari cara lain dan berhasil di hari Selasa dan Kamis. Tapi bukan berarti aku berhenti belajar. Ini memacuku untuk mencari, membuat dan menemukan cara atau metode yang tepat untuk mengajar mereka. Seringkali pelajaran itu kudapat dari murid-muridku.

Fighting!

No comments: