Tuesday, April 26, 2011

Cara Pandang

Lampung,

Hari Jumat hingga Minggu kemarin aku pulang ke rumah. Dari rumah, aku bawa oleh-oleh, yang mungkin bisa dibilang permenungan, hehe... Bapak bercerita tentang banyak hal, salah satunya tentang cara pandang. Dia bilang, kita harus berubah, lebih lagi mengubah cara pandang kita terhadap suatu hal, khususnya masalah, terlebih lagi masalah kehidupan. Katanya, kalau kita menghadapi masalah dalam hidup, janganlah kita menyalahkan orang lain, atau menjelek2an orang lain. Kita tidak usah berpikir bahwa masalah kita akibat dari perbuatan buruk orang lain, tidak bisa seperti itu lagi.

Sesaat ketika mendapat permenungan itu, aku memikirkan keluargaku. Setelah kembali ke Lampung, aku mengaitkan nasihat itu dengan keadaanku di sekolah, bagaimana aku menghadapi pimpinanku dan teman-teman sekerjaku. Betapa selama ini aku lebih banyak menyalahkan orang lain atas keadaanku, kenapa begini, kenapa begitu. Padahal aku bisa mengubah pikiran itu.

Hari ini aku mengaitkannya dengan murid-muridku. Kalau saja aku terus memandang lemah terhadap beberapa murid atau memandang kuat terhadap beberapa murid, bisa jadi aku menjadi pengajar yang tidak seharusnya mengajar. Mereka baru saja membuktikan kepadaku, betapa mereka sebenarnya bisa, bahwa mereka sebenarnya tidak lemah, hanya perlu suatu cara lain. Bahwa mereka sebenarnya tidak sekuat itu, mereka pernah 'jatuh' dan lemah.

Yup, aku perlu mengubah cara pandangku terhadap beberapa hal dan beberapa orang. Tentu saja untuk menjadikan hidup lebih lega dan mudah tersenyum..

No comments: