Tuesday, January 26, 2010

Dilema

Lampung..

Kapan terakhir kali kamu menghadapi dilema? Jika pertanyaan itu diajukan kepadaku, maka akan aku jawab, beberapa menit yang lalu. tadinya aku menangkap definisi dilema sebagai pertimbangan untuk mengambil keputusan besar dari pilihan-pilihan yang ada. Misalnya ketika aku harus memilih akan melanjutkan sekolah di mana. Itulah dilema. Tetapi tadi siang, aku berpikir lagi, ternyata tidak hanya untuk hal besar, bahkan hal kecil pun bisa disebut sebagai dilema. Misalnya ketika aku harus memilih apakah aku harus pergi menemui guru lain atau menemui murid. Maka aku akan mempertimbangkan beberapa hal yang menjadi prioritas.

Siang ini aku menghadapi dilema, yaitu ketika aku melihat murid-muridku yang sedang mengerjakan tes. Aku mempunyai dua pertanyaan yang mengganjal di dalam otakku. Apakah ini (pelajaran yang kuberikan) yang dibutuhkan oleh murid-muridku untuk menghadapi hidup? Apa yang sebenarnya harus diajarkan (sehubungan dengan mata pelajaran yang kuberikan) pada mereka? Dari dua pertanyaan itu, muncullah pertanyaan-pertanyaan lain. Bagaimana jika mereka tidak bisa melanjutkan sekolah, apakah materi yang kuajarkan bisa membantu mereka? Tetapi jika aku mengajarkan hal lain, maka mereka tidak bisa menyelesaikan soal-soal ujian nasional atau ujian-ujian lainnya. Kurikulum seperti apa yang tepat untuk mereka?

Untuk menjawab semua pertanyaan itu, tentu saja sekarang aku harus terus membaca dan belajar dari teman-temanku.

No comments: