Tuesday, August 14, 2012

Tantangan Baru

Bekasi,

Setelah sekian lama tidak mengunjungi blog ini, akhirnya bisa juga menulis lagi. Pantauan lokasi, ada di Bekasi, tidak jauh dari sungai yang menjadi batas wilayah Bekasi (Jawa Barat) dengan Jakarta Timur. Hari ini cerah dan sangat menjadi tantangan bagi yang sedang berpuasa. Salut buat mereka!

Berbicara tentang tantangan, hampir dua bulan aku menghadapi tantangan baru. Kalau sebelumnya, tantanganku adalah mengajar dan mendidik di Lampung dengan keunikan anak-anaknya dan jauh dari perkotaan. Kini tantanganku justru hidup di daerah kota, dekat dengan Jakarta yang dibilang kota metropolitan. Aku yang sudah lama tidak bergaul dengan kemacetan harus membiasakan diri. Jarak tempuh yang sebenarnya tidak terlalu jauh dicapai dalam waktu yang lama akibat macet itu. Aku yang biasanya senang berjalan kaki, tidak bisa kulakukan sepenuhnya di kota. Polusi yang ada membuat jalan kaki belum tentu menyehatkan bagi paru-paru apalagi jika dilakukan di pinggir jalan. Orang-orang pun banyak yang memakai masker (bukan masker wajah) untuk menutupi mulut dan hidung mereka selama perjalanan.

Selain itu, tentu saja tantangan dalam pekerjaan. Aku dituntut kreatif, coba mencari usaha yang bisa menghasilkan uang. Entah kenapa, aku merasa orang-orang kota ini ingin sekali mendapat kerja dengan gaji yang besar. Aku pun sempat ditawarkan. Namun jarak yang jauh dari tempat tinggal dan juga suasana yang kurang begitu pas denganku membuatku tidak menerimanya.

Pastinya akan banyak tantangan lagi tapi bukan untuk dihindari melainkan dihadapi. Terus belajar dan belajar!

No comments: