Wednesday, June 06, 2012

Ucapan

Lampung,

Hari ini satu hal lagi dipelajari, tentang ucapan. Seringkali saya mengkritik orang lain karena ucapan mereka terutama ucapan mereka kepada saya. Tetapi kali ini saya melakukan hal yang saya kritik sendiri. Merasa malu atas hal ini.

Tadi sore saya bercanda dengan teman-teman guru. Seperti biasa kadang kami saling mengejek atau menertawakan tingkah laku kami yang seringkali aneh bin ajaib. Saya pun melakukan demikian. Biasanya saya berani melakukan itu jika memang sudah merasa dekat dengan orang-orang itu dan tahu mereka bisa diajak bercanda. 

Tanpa saya sadari, ternyata ada ucapan saya yang dimaksudkan bercanda malah menyinggung perasaan salah satu teman. Aku sadar ketika dia memberi tahu melalui pesan singkat di telepon. Saya meminta maaf dan tidak akan mengulanginya lagi. Saya tahu teman ini bukan orang yang sangat sensitif melainkan bisa diajak santai tapi tetap saja merasa bersalah padanya. Ini menjadi pelajaran. Sedekat apa pun dengan seseorang tetap harus memperhatikan perasaan mereka. Semoga mulai sekarang dan hari-hari selanjutnya saya lebih peka pada mereka. Bercanda dengan cerdas. :D

No comments: