Wednesday, July 21, 2010

Perbandingan

Lampung,

Tahun lalu di bulan Oktober aku menulis tentang membandingkan dan sekarang aku menuliskan tentang topik ini lagi. Menurutku, tidak ada orang yang ingin dibandingkan. "Adik kamu lebih pintar dari kamu ya..", "Kamu ga kayak orang itu, dia selalu baik sama aku". Beberapa perkataan yang mungkin pernah aku (atau orang lain) dengar.

Hari ini salah seorang murid yang aku ajar, membandingkan diriku dengan guru yang pernah mengajarnya dan dia mengatakannya di depanku. Katanya: "Aahh.. miss ga kayak miss EFGH, kalo miss EFGH kan langsung dicek, terus tau jawabannya.." Saat itu aku hanya tersenyum dan memperhatikan anak-anak yang lain. Tadinya aku ingin bilang: "Kamu tidak bisa membandingkan seperti itu. Tiap guru punya caranya sendiri. Guru itu harus mengenal anak2nya tapi bukan berarti mengikuti keinginan semua muridnya. Semua guru ingin anak-anak didiknya berhasil dan mereka punya alasan tersendiri mengapa mengajar dengan cara yang dia punya. Murid harus juga bisa beradaptasi dengan guru-guru lain dan tidak terpaku pada satu guru. " tapi aku tidak jadi mengatakan hal ini ke anak tersebut.

Kejadian di hari ini membuatku ingin menuliskannya. Berbicara tentang perbandingan, di matematika ada perbandingan, tapi angka yang dibandingkan. Lalu aku teringat, di bahasa Indonesia ataupun Inggris juga ada perbandingan. Tapi aku tetap kurang "sreg" dengan membandingkan yang dibicarakan oleh murid tersebut. Semoga aku menjadi lebih baik lagi.

No comments: