Monday, February 15, 2010

UN



Lampung.. Topik yang terus hangat di dunia pendidikan Indonesia, UN. Beberapa hari ini, menjelang UN SMA, beberapa anak menanyakan rumus "Joko Gledek" atau rumus cepat. Sebenarnya aku juga tidak terlalu banyak tahu rumus cepat untuk soal-soal matematika. Akan tetapi, mereka pun dikejar dengan waktu untuk menyelesaikan soal dengan cepat dan tepat. Tadi pagi, salah satu guru membagi pengalaman. Beliau merupakan guru yang sudah lama melintang di dunia pendidikan. Aku kagum dengan beliau, katanya kita tidak boleh melabeli anak, pintar atau bodoh. Tiap anak memiliki cara dan waktu yang berbeda untuk belajar dan memahami pelajaran. Kemudian aku teringat dengan UN, siswa harus mengerjakan dengan cepat dan tepat. Bahkan aku sempat berpikir, apakah anak2 masih ingat cara yang digunakan ketika menyelesaikan masalah saat mereka kelas XI? Karena mereka bilang, kalau diselesaikan dengan langkah yang benar, akan memakan waktu. Saat ini, aku berusaha membantu mereka memahami soal dan jika aku memang mengetahui caranya dengan sedikit lebih cepat, aku akan membantu. Go Fight Win, my students!!

No comments: